3 Hal Yang Mempengaruhi Efektivitas Kerja Tim

3 Hal Efektivitas Kerja Tim

Tim adalah sekumpulan orang yang dimana hasil kerja individu berpengaruh terhadap hasil kerja yang lebih baik daripada jumlah input dari masing-masing individu. Istilah tim dengan kelompok dilihat dari disiplin ilmu sumber daya manusia adalah dua hal yang berbeda. Secara garis besar ada 3 hal yang mempengaruhi efektivitas kerja dari tim. Apa saja?

Komposisi Dari Tim

Yang termasuk dalam komposisi dari tim adalah kemampuan dari anggota tim, kepribadian dari masing-masing anggota tim, keberagaman karakter dari anggota tim, ukuran dari tim (jumlah anggota yang ada dalam tim), fleksibilitas dari anggota tim, dan kerangka referensi dari anggota tim.

Semakin baiknya kemampuan dari masing-masing anggota tim, tentu secara teori akan semakin meningkatkan keberhasilan dari sebuah tim. Hal ini tentu juga tergantung dari chemistry yang dimiliki oleh sesama anggota tim dengan memperhatikan kepribadian dan keberagaman anggota tim. Tingkat keberagaman anggota tim dapat dijaga pada tingkat maksimal yang memungkinkan terciptanya efektivitas dari sebuah tim. Ukuran tim juga demikian, harus disesuaikan dengan tujuan dari tim. Fleksibilitas dan kerangka referensi dapat mempengaruhi pola interaksi dan chemistry yang ada di dalam tim.

Konteks dari tim

Yang termasuk dalam konteks dari sebuah tim adalah seberapa memadainya sumber daya yang dimiliki oleh tim tersebut, gaya kepemimpinan dan struktur organisasi dalam tim, iklim kepercayaan yang ada dalam satu tim, evaluasi kinerja dan sistem penghargaan.

Semakin lengkap atau memadainya sumber daya tim akan mempengaruhi tingkat efektivitas dari tim,  dengan catatan sumber daya tersebut dimaksimalisasi secara optimal. Gaya kepemimpinan dan struktur organisasi juga akan mempengaruhi pola interaksi dan cara-cara pekerjaan dilakukan oleh tim. Evaluasi kinerja dan sistem penghargaan juga mempengaruhi motivasi dalam bekerja pada masing-masing anggota tim. Sedangkan iklim kepercayaan juga akan mempengaruhi interaksi dalam bekerja.

Proses kerja tim

Yang termasuk dalam proses kerja tim adalah adanya tujuan bersama yang spesifik, tingkat efficacy dari sebuah tim, konflik yang terjadi didalam tim yang terjadi antara anggota serta tingkat motivasi dan usaha bekerja secara tim.

 

Pada intinya ketiga aspek tersebut saling mempengaruhi satu sama lain. Sebagai pemimpin tim, anda diharapkan untuk dapat menjaga keseimbangan dari seluruh aspek tersebut untuk dapat meningkatkan efektivitas dari kinerja tim anda.

 

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s