7 Manfaat Kuliah Sambil Bekerja

7 Manfaat Kuliah Sambil Bekerja

Tak jarang, para karyawan yang sudah stagnan baik dari sisi karirnya ataupun dari sisi wawasannya, memutuskan untuk mengambil gelar pendidikan magister atau S2. Konsekuensinya tentu saja, akan bertambahnya beban tambahan, waktu yang tersita banyak dan tenaga yang terkuras. Tapi yakinlah bahwa manfaatnya akan jauh lebih besar. Hasil tidak akan pernah mengkhianati usaha. Apa saja manfaat dari kuliah sambil bekerja?

Memperbesar Peluang Sukses

Tidak bisa dipungkiri, bahwa pola karir di Indonesia masih ada yang mengikuti gelar akademis dalam menentukan seorang karyawan promosi jabatan atau tidak. Karenanya memperbesar peluang untuk sukses masih menjadi alasan para karyawan untuk kembali menempuh dunia pendidikan untuk mendapatkan gelar Magister atau S2.

Menambah Wawasan

Menambah wawasan menjadi alasan berikutnya kenapa seorang karyawan mengambil gelar pendidikan S2. Ilmu baru diyakini akan memperluas paradigma dan perspektif seseorang. Manfaatkan semua mata kuliah yang dipelajari untuk menambah wawasan anda, dalam arti kuliahlah bukan Cuma untuk sekedar mendapatkan nilai yang bagus saja. Anda harus memahami dan menguasai konsep-konsep yang diajarkan dalam sebuah mata kuliah.

Memperluas Networking

Alasan untuk memperluas networking, menjadi pertimbangan berikutnya kenapa karyawan “sekolah” lagi. Di kampus, anda akan bertemu dengan sejumlah orang baru yang bisa saja menjadi potensi untuk networking anda. Dalam dunia profesional, networking adalah salah satu syarat sukses. Sepintar apapun anda, sehebat apapun anda, kalau anda tidak memiliki networking, maka kemampuan anda tidak akan memberikan daya ungkit yang maksimal untuk pengembangan karir anda ataupun usaha anda.

Melatih Kemampuan Time Management

Yang namanya kuliah sembari bekerja tentunya akan menyita waktu yang tidak sedikit. Tugas kuliah tidak akan pernah memahami deadline pekerjaan dan begitu sebaliknya. Selain itu pulang awal untuk kuliah di dunia kerja di Indonesia masih sering mendapatkan cibiran. Karena itu upayakan agar sebelum kuliah anda sudah menyelesaikan pekerjaan lebih awal.

Menentukan Skala Prioritas

Baik itu pekerjaan yang anda hadapi sehari-hari ataupun tugas kuliah membutuhkan fokus dan perhatian yang sangat besar. Karenanya kuliah, apalagi sembari bekerja benar-benar akan melatih anda dalam menentukan skala prioritas. Mulai dari time management hingga perencanaan yang baik akan membuat anda dapat menjalankan keduanya secara optimal.

Melatih Kesabaran dan Emosi

Punya waktu yang terbatas untuk menjalankan kewajiban yang seabreg akan membuat anda stress dan pusing tujuh keliling. Kuliah sembari bekerja akan dapat melatih kesabaran dan emosi anda. Tipsnya adalah untuk selalu tenang dalam setiap kondisi dan komunikasikan secara terbuka kepada seluruh pihak mengenai kesulitan anda, dan apa yang bisa anda lakukan untuk membantu kesulitan orang lain.

Melatih Kemampuan dalam Memimpin dan Teamwork

Kuliah, sama seperti pekerjaan juga memiliki struktur walaupun memang tidak formal. Tapi manfaatkan momentum tugas kelompok untuk meningkatkan kemampuan anda dalam memimpin dan juga bagaimana berkontribusi dalam sebuah tim.

 

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Advertisements

One thought on “7 Manfaat Kuliah Sambil Bekerja

  1. Pingback: 3 Manfaat Kuliah Sambil Bekerja - Berbisik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s