4 Elemen Kunci Sales Promotion Girl Yang Efektif

4 SPG

Bakso Djingkrak Sunter menghebohkan jagad sosial media dengan kehadiran pramusaji yang tampil dengan mengenakan pakaian yang (maaf) seksi). Kehebohan yang kemudian menarik minat media mainstream untuk meliputnya. Yang menjadi permasalahan adalah jika kita melihat dari sudut pandang etika, maka apa yang dilakukan oleh Bakso Djingkrak Sunter bisa jadi tidak etis dan tidak elok untuk dilakukan.

Apa yang dilakukan oleh Bakso Djingkrak lebih terkesan kepada eksploitasi penampilan (maaf) seksual dari keempat pramusaji tersebut. Kita tahu bahwa sales promotion officer (baik boy ataupun girl) merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan penjualan dengan menggunakan metode direct sales. Tetapi bila dilakukan dengan cara seperti ini, dapat menjadi preseden yang buruk.

Tapi sebenarnya apa yang dilakukan oleh Bakso Djingkrak juga acapkali dilakukan oleh sejumlah perusahaan dan brand ternama dalam melakukan aktivitas pemasaran via direct sales. Coba tengok disejumlah pameran-pameran besar terutama pameran otomotif. Hal ini seringkali menjadikan profesi Sales Promotion Girl berkonotasi negatif. Bahkan terkadang acapkali menjadi (maaf) sebuah bentuk prostitusi terselubung yang menawarkan uang dalam jumlah yang menggiurkan.

Read : Memandang Bakso Djingkrak Sunter Dari Perspektif Etika dan Pemasaran

Hal ini bisa terjadi karena adanya persepsi bahwa penekanan utama sales promotion girl hanya menekankan faktor fisik semata, yakni wajah yang cantik dan tubuh yang molek saja. Padahal sales promotion adalah salah satu tools yang bisa dipergunakan untuk mendatangkan penjualan, atau sekurang-kurangnya berfungsi untuk memberitahukan dan menginformasikan.

Karena itu sekurang-kurangnya ada 4 elemen penting untuk memaksimalkan sales promotion untuk mendapatkan penjualan.

Product Knowledge

Sales promotion yang baik harus memiliki product knowledge yang memadai untuk dapat menginformasikan dan memberitahukan keunggulan dan manfaat dari produk yang akan ditawarkan.

Persuasive Communication

Wajah yang cantik sebenarnya merupakan keunggulan tersendiri bagi sales promotion girl. Hal ini  memudahkan sales promotion girl untuk mendekati target konsumen yang diincar. Untuk menjual produk tentunya, bukan untuk menjual diri (secara konotasi yang negatif). Keramahan dari sales promotion girl dengan senyum yang tulus dan tutur kata yang sopan dan terjaga dengan baik adalah salah satu ciri dari komunikasi yang persuasif.

Solution Provider

Kehadiran sales promotion juga harus dapat menjadi solution provider yang baik bagi calon atau prospek konsumen. Hal ini dapat dilakukan jika sales promotion memiliki pengetahuan yang baik mengenai produk.

Selling Skills

Pada akhirnya sales promotion haruslah dapat membuat sebuah penjualan. Tapi tentu dengan tidak cara yang menganggu dan tidak etis seperti mengeksploitasi diri sendiri dan menjanjikan hal yang diluar kepantasan.

 

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s