Untuk Anda Yang Merasa Hidup Anda Terasa “kecil”

7 Question

Pernahkah anda merasa hidup anda terlalu “kecil” dan tak bermakna? Sebesar apapun penghasilan anda, setinggi apapun tingkat penghasilan anda, anda tetap saja merasa hidup anda biasa-biasa saja.

Hidup yang “BESAR” dan penuh makna tidaklah selalu bicara tentang penghasilan yang besar, rumah, mobil atau bahkan tunjangan pensiun yang berlimpah. Hidup yang “BESAR” adalah tentang memberi makna dan tujuan pada hidup anda. Banyak orang yang berada pada posisi jabatan tinggi dengan penghasilan yang besar jumlahnya merasa hidupnya “kecil” dan banyak juga orang dengan kondisi finansial terbatas merasa hidupnya sangat “BESAR” dan penuh makna.

Apa yang anda berikan pada dunia? Apa yang anda berikan kepada keluarga dan orang-orang yang berada didalam lingkungan anda? Apakah yang anda lakukan begitu sangat tidak bermaknanya sehingga tidak ada yang anda bisa lakukan yang dapat membuat hati anda bahagia atau senang? Apakah anda meninggalkan “legacy” yang anda inginkan untuk orang akan mengenangnya setelah anda tidak ada lagi didunia ini?

Barangkali anda perlu menanyakan 7 hal ini kepada diri anda sendiri.

  1. Ide apakah yang anda bayangkan untuk pekerjaan yang lebih baik atau bahkan apakah anda memikirkan untuk membuka usaha?
  2. Sebutkan 3 hal yang sudah anda lakukan untuk menolong orang lain tanpa mengharapkan balasan?
  3. Buku apa yang sudah anda baca yang dapat meningkatkan semangat anda, kepercayaan diri anda, yang dapat memperluas wawasan anda dan membuat anda lebih bijaksana dan matang?
  4. Berapa waktu yang sudah anda berikan bagi anda untuk merenung dan melakukan kontemplasi diri?
  5. Hal baru apa yang pernah anda lakukan sebelumnya?
  6. Konser musik, pagelaran seni, seminar, pelatihan atau pengalaman lain yang dapat “memperkaya” diri anda secara spiritual, emosional dan educational?
  7. Hal-hal apa saja yang anda lakukan untuk memperkuat fondasi hubungan dengan orang-orang yang anda anggap penting untuk diri anda?

Jika jawaban dari seluruh pertanyaan tersebut adalah belum ataupun tidak, maka mulailah mempraktekkan hal-hal yang dapat memberi anda makna. Kunjungi tempat baru, kunjungi sahabat lama anda, ikut kursus musik atau memasak, baca buku diluar area pengalaman dan ilmu anda selama ini. Lakukan hal-hal yang dapat menyegarkan arah hidup anda. Jangan biarkan hidup anda menjadi tidak bermakna.

 

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s