Apakah Pendidikan Formal Anda Mengembangkan Atau Membatasi Pilihan Anda?

Banyak orang beranggapan bahwa pendidikan formal anda merupakan satu-satunya solusi untuk meningkatkan harkat hidup dan martabat anda. Semakin tinggi pendidikan formal anda dan semakin panjang gelar yang anda miliki akan memperbesar peluang anda untuk sukses. Orang dengan gelar M (Magister) dibelakangnya tentu memiliki keunggulan akademis daripada orang yang punya gelar S (Sarjana). Harus diakui, kenyataan tersebut memang benar adanya, dan dunia korporasilah yang membentuk persepsi seperti itu. Tengok saja, berbagai lowongan pekerjaan yang ada mensyaratkan gelar akademis sekurang-kurangnya Sarjana. Tapi apakah harus selalu seperti itu?

Permasalahannya adalah dengan semakin mumpuninya gelar akademis seseorang, maka acapkali orang tersebut merasa pilihannya terbatasi. Sarjana Hukum harus bekerja sebagai pengacara dan seiring dengan pengembangannya mengambil gelar Magister Hukum, maka makin terbatasilah peluang karir dari seseorang tersebut. Semakin ahli seseorang, maka semakin terkungkunglah si ahli tersebut dalam menciptakan peluang yang lebih baik, lebih besar dan lebih bermakna. Apalagi jika ternyata pilihannya tersebut membebani hidupnya selama ini.

Karena itu gunakanlah perspektif pola pikir seorang pemula yang seperti tidak tahu apa-apa, ketika anda mampu mengosongkan pikiran anda, maka anda akan terbuka dan siap menerima apapun. Dalam pola pikir seorang pemula, akan ada banyak kemungkinan, sementara dalam pola pikir ahli akan sedikit kemungkinan yang tersedia. Para ahli tidak dapat melihat adanya kemungkinan menghubungkan keahlian yang mereka miliki dengan peluang baru.

Pastikan anda memiliki perspektif pemula yang selalu terbuka pada setiap kemungkinan. Jangan biarkan pendidikan formal anda membatasi segala kemungkinan yang bisa anda raih.

Saya tidak bermaksud untuk mengatakan bahwa pendidikan formal tidaklah penting. Itu penting. Tapi juga kembangkan diri anda dan bertanyalah pada diri anda. Apa keahlian yang anda miliki yang membuat anda sangat berharga? Apa value yang anda berikan? Jawablah pertanyaan itu sekalipun pada tingkat ekstrem misalnya anda tidak memiliki gelar akademis apapun.

Atau mungkin anda hanya perlu menambahkan imajinasi dan kreativitas untuk memperkuat pendidikan formal yang sudah anda tempuh. Menambahkan imajinasi dan pendidikan formal anda dapat memberikan sayap untuk memperluas jangkauan kita dalam memandang berbagai peluang yang ada. Seperti apa yang dikatakan oleh Stanley Goldstein…

He/she who has learning without imagination has feet but no wings

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s