Berdoalah Dengan Kaki Anda

IQ1

Saya menemukan sebuah quote yang menarik yang diungkapkan oleh Frederick Douglass yakni “i prayed for twenty years but received no answer until i prayed with my legs”. Awalnya saya bingung sekaligus tertarik dengan quote tersebut. Apa maksudnya, apa artinya?

Sangat aneh membayangkan berdoa dengan kaki. Tapi saya kemudian membayangkan kebanyakan orang berdoa untuk pemecahan permasalahan hidup ataupun karir dengan cara umum orang berdoa. Bersedekap tangan dan memejamkan mata sembari berharap bahwa Tuhan akan memberikan jawaban yang sempurna untuk segala permasalahan yang sedang dihadapi. Jadi bagaimana sebenarnya Tuhan menjawab doa kita?

Coba bayangkan diri anda berada dalam posisi katakanlah berhutang ratusan juta, atau butuh uang dalam jumlah yang banyak untuk pengobatan keluarga yang sedang sakit. Atau misalkan anda menginginkan pekerjaan yang lebih baik. Sekarang coba anda pergi sholat atau ke gereja. Menurut anda apakah setelah anda sholat atau pulang dari gereja, apa yang anda butuhkan langsung tersedia dihadapan anda?

Jangan salah paham, ibadah dan berdoa itu sangat penting, dan wajib. Kita harus percaya bahwa Tuhan akan menyediakan segala yang kita butuhkan. Tapi kita juga harus percaya bahwa cara Tuhan memenuhi kebutuhan kita juga membutuhkan partisipasi aktif dari kita. Untuk bergerak mewujudkan apa yang kita inginkan. Apa yang kita butuhkan. Itulah yang dimaksud dari berdoa dengan kaki.

Jika anda menginginkan pekerjaan yang lebih baik, maka berdoalah. Sholat yang khusyuk atau pergi ke gereja. Tapi jangan lupa bahwa anda juga harus berusaha. Kirimkan surat lamaran ke puluhan perusahaan dan hubungi perusahaan tersebut, maka anda akan mengetahui cara Tuhan menjawab doa anda.

Tuhan tidak menciptakan nasi. Tapi menciptakan padi untuk kita olah menjadi gabah diolah menjadi beras dan kemudian nasi. Tuhan memberikan akal kepada kita untuk kita mampu membuat rice cooker sehingga kita mampu merubah beras menjadi nasi. Segala apa yang ada untuk membuat hidup kita menjadi lebih baik ada dalam diri kita. Kita hanya perlu meminta kepada Tuhan dan kemudian bergerak untuk mandapatkan jawaban dariNya.

 

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Advertisements

2 thoughts on “Berdoalah Dengan Kaki Anda

  1. Thanks atas inpirasinya. Saya setuju dengan cara pandang “berdoa dengan kaki”. Berdoa adalah dimensi spiritual (IMHO), yang harus diwujudkan melalui dimensi fisik .yaitu berusaha (mencari info, bersilaturahmi, dan mengambil resiko dengan melakukan aksi)

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s