Ide Sederhana Bisa Jadi Merupakan Usaha Besar Yang Merubah Hidup Anda

BQ24

Saya menemukan sebuah quote yang sangat menginspirasi bagi saya dari Brian Chesky, CEO dan founder dari Air BNB. Air BNB sendiri merupakan sebuah marketplace untuk mempertemukan orang yang hendak menyewakan rumah atau ruangan kosong dengan orang yang membutuhkannya. Chesky bersama Joe Gebbia pada tahun 2007 berada dalam kondisi yang hampir bangkrut dan sedang berada di kamar sewaan mereka yang akan segera habis masa sewanya.

Dari pemikiran mereka berdua, muncul ide untuk menyewakan ruangan kosong kepada orang lain yang membutuhkannya. Ide ini awalnya terdengar buruk, karena membuka rumah anda untuk orang asing. Namun siapa sangka dari ide yang buruk itu lahirlah Air BNB (Bed And Breakfast) yang kini sudah banyak dipergunakan diseluruh dunia, termasuk di Indonesia.

When you start a company, it’s more an art than a science because it’s totally unknown. Instead of solving high-profile problems, try to solve something that’s deeply personal to you. Ideally, if you’re an ordinary person and you’ve just solved your problem, you might have solved the problem for millions of people.

Ketika anda mendirikan perusahaan, lebih kepada seni daripada sains, karena sama sekali tidak diketahui. Daripada membuat solusi dari masalah berskala besar, cobalah untuk menyelesaikan permasalahan yang benar-benar berarti untuk anda pribadi. Idealnya, jika anda hanyalah orang biasa, dan anda mampu menyelesaikan permasalahan dan mampu menyelesaikan permasalahan anda, maka mungkin saja anda telah menyelesaikan permasalahan dari banyak orang.

Coba anda perhatikan, banyak sekali start-up baru yang kemudian besar bukan karena menciptakan bisnis berskala besar, tetapi bisnis yang benar-benar berawal dari kecil, yang menyelesaikan masalah-masalah pribadi. Air BNB, Uber, Go-Jek lahir dari permasalahan yang ada dari masyarakat. Mereka hadir tidak karena mereka menyasar konsumen dan karenanya baru membuat produk. Mereka membuat sebuah produk yang menyelesaikan masalah banyak orang. Mereka lahir dengan sudah memiliki value proposition. Sesuatu yang menjadi pembeda dari awal.

Ajaibnya hal itu lahir dari sebuah ide yang sederhana. Siapa sangka profesi ojek dan supir bisa menjadi profesi yang bergengsi, dan lebih menghasilkan daripada pekerjaan orang-orang berkantor dan berdasi. Siapa sangka, kita bisa menyewa rumah orang dengan menggunakan aplikasi. Saya pernah punya ide yang datang dari permasalahan hidup saya pribadi ketika keran air di wastafel rumah saya mampet. Saya tidak punya keahlian untuk memperbaikinya. Saya berpikir mungkin saja ada orang-orang lain seperti saya diluar sana, seorang ayah yang sama sekali tidak piawai dalam pekerjaan rumah. Sayangnya ide itu sudah keburu ada yang mengeksekusikan. Lalu saya juga baru tahu ada aplikasi untuk laundry pakaian. Hampir semua usaha konvensional sedang mengarah kedigital. Dan hampir semuanya jika anda perhatikan adalah ide yang mungkin saja tidak keren, remeh temeh, dan sangat sederhana.

Tapi siapa sangka ide yang sederhana itu bisa jadi usaha yang menghasilkan banyak manfaat dan tentu saja banyak uang. Siapa tahu ide sederhana itulah yang merubah hidup anda dari seorang karyawan kantoran yang penghasilannya tak lebih besar daripada seorang tukang ojek digital menjadi seorang pengusaha sukses.

 

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s