Tepatkah Mercedes Benz Menyasar Pasar Pickup di Amerika Serikat?

Mercedes Benz 2

Penundaan rencana Mercedes Benz untuk memasarkan produk pick up di Amerika Serikat, menandakan dua hal, bahwa Mercedes sempat atau pernah (ataupun masih) mengganggap pasar pick up di Amerika Serikat sebagai pasar yang menarik dan adanya kemungkinan bahwa Mercedes Benz menganggap bahwa mereka belum memiliki posisi yang cukup kuat untuk bersaing. Benarkah pasar pickup adalah pasar yang menarik untuk Mercedes Benz? Seberapa kuat posisi Mercedes dibanding para “dedengkot-dedengkot” seperti Ford dan GM dan juga Chrysler? Tepatkah Mercedes Benz menyasar pasar pickup di Amerika Serikat?

Di Amerika Serikat, pasar ini cukup besar menandakan market size yang besar dan terus bertumbuh. Dengan daya beli masyarakat Amerika yang tinggi, walaupun sempat menurun beberapa tahun lalu, seharusnya tidak masalah bagi siapapun yang ingin masuk ke pasar pick up Amerika. Market forcesnya dapat dikategorikan cukup besar.

Dari sisi competitive environmentnya, pasar pickup Amerika didominasi oleh Ford, GM dan juga Chrysler. Disisi harga, jelas produk Mercedes Benz diposisikan sebagai produk yang lebih mahal ketimbang Ford, GM dan Chrysler. Menurunkan harga akan menjadi pilihan yang tidak bijak karena akan merusak image Mercedes Benz sebagai produk yang eksklusif. Tapi pasar Amerika merupakan pasar yang terbuka, sehingga siapapun boleh masuk dalam peta persaingan. Kehadiran Mercedes Benz di pasar pickup di Amerika Serikat jelas akan menambah ketatnya persaingan di Amerika dengan Ford, GM dan Chrysler sebagai pesaing utama dan Toyota yang bisa menjadi batu sandungan.

Mercedes Benz seharusnya tidak memiliki kesulitan untuk memahami pasar Amerika Serikat. Mercedes Benz memimpin penjualan untuk pasar mobil mewah di Amerika. Tapi itu untuk pasar mobil mewah, bukan untuk pickup, walaupun sebenarnya Mercedes Benz  memiliki fondasi yang cukup baik untuk produk SUV. Tapi memodifikasi produk SUV menjadi produk pick up jelas bukanlah opsi yang patut direkomendasikan. Mercedes Benz seharusnya juga tidak memiliki kesulitan untuk membangun channel access disana.

Artinya secara keseluruhan market attractivenessnya pasar pick up di Amerika Serikat cukup tinggi. Namun memang harus diakui bahwa daya saing Mercedes Benz di pasar tersebut terbilang masih cukup rendah. Siapa yang meragukan kualitas produk dan pelayanan dari Mercedes Benz yang memberikan mereka differentiation advantage. Akan tetapi reputasi Mercedes Benz pada pasar tersebut sama sekali belum teruji.

Mercedes Benz pun juga akan dibebankan dengan biaya pemasaran dikarenakan mereka harus terlebih dahulu mengedukasi market dengan positioning yang ingin mereka tuju, misalnya pickup eksklusif. Kita tahu bahwa pick up adalah produk fungsional walaupun beberapa kompetitor mulai membangun sisi eksklusif dari produk pick up. Brand awareness konsumen pick up di Amerika masih berkutat di seputar Ford, GM dan Chrysler. Menantang pemimpin pasar jelas akan membutuhkan effort yang lebih dari Mercedes Benz.

Dilihat dengan menggunakan GE-Mckinsey model, Mercedes Benz berada di kuadran yang kedua. Dengan opsi pilihan strategi yang bisa dilakukan adalah melakukan investasi, dan improve position (memperbaiki posisi khususnya pada daya saing mereka). Hal ini bisa dilakukan dengan mendorong promosi dan edukasi untuk meningkatkan awareness dan image pick up Mercedes Benz.

 

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s