3 Cara Bangkit Dari Keterpurukan Hidup Dari Sheryl Sandberg

IQ 4

Hidup tak selamanya mudah, bahkan hidup akan memberikan segala tantangan yang ada. Anda kadang akan terpuruk, anda akan merasa begitu merana dan sengsara. Berteriak  dengan lantang kenapa ini terjadi pada saya. Perlakuan yang tidak adil dari kantor anda, permasalahan finansial dan begitu banyak lainnya yang anda temui. Anda ingin menyalahkan orang lain.

Tapi barangkali, apa yang dikatakan oleh Sheryl Sandberg, COO Facebook dalam commencement speech memberikan inspirasi perjuangannya dalam hidup, dalam mengatasi keterpurukan dalam hidupnya setelah ditinggalkan oleh suaminya yang meninggal ketika bersama dirinya dalam sebuah perjalanan ke Meksiko untuk perayaan ulang tahun temannya.

Berdasarkan hasil penelitian dari psikologis Martin Seligman, Sheryl Sandberg mengungkapkan ada 3 kunci utama yang sangat penting untuk dapat bangkit dari keterpurukan. 3 kunci itu adalah personalization, pervasiveness, dan permanence.

Persoanlization adalah keyakinan bahwa diri kitalah yang melakukan kesalahan. Ini adalah pelajaran berharga bahwa apapun yang terjadi, terutama yang buruk tidaklah selalu terjadi karena diri kita. Berhentilah menyalahkan diri anda sendiri. Jika anda merasa diperlakukan tidak adil dikantor, janganlah menganggap bahwa memang diri anda tidak mampu. Tidak menganggap semua kesalahan yang terjadi secara pribadi, mengijinkan diri kita untuk sembuh dan memperbaiki diri, bahkan bisa mencetak prestasi.

Pervasiveness adalah keyakinan bahwa semua kejadian yang terjadi akan mempengaruhi semua aspek atau area lain dalam hidup kita. Ini yang sering terjadi, ketika kita mengganggap satu kesalahan dalam hidup kita, menjadi hidup kita yang salah. .Padahal ada begitu banyak hal yang bisa kita syukuri. Menemukan rasa syukur dan apresiasi terhadap diri anda sendiri adalah kunci dari keberhasilan anda untuk bangkit dari segala keterpurukan. Otak kita memiliki sistem kekebalan psikologis untuk semua kesedihan. Temukanlah sesuatu yang patut anda syukuri dalam hidup anda, seperti keluarga yang bahagia, anak yang sehat dan lucu. Pikirkanlah sesuatu yang membahagiakan diri anda. Karena orang-orang yang menemukan hal-hal tersebut memiliki hidup yang lebih bahagia dan lebih sehat.

Permanence adalah keyakinan bahwa semua kesedihan akan berlangsung selamanya. Kita terus membuat diri kita merasa terpuruk. Ketika hidup menyedot anda hingga kedasar terbawah, anda bisa menendang dasar keterpurukan anda, temukan permukaan dan kembali bernafas. Kita harus menerima semua perasaan yang ada itu, tapi kita juga harus mengetahui bahwa semua itu tidak akan berlangsung selamanya

Personalisasi, pervasiveness dan permanence adalah respon emosi kita ketika kita menghadapi segala macam keterpurukan dalam hidup kita. Hiduplah dengan mengganggap bahwa setiap hari itu adalah hari yang berharga  untuk hidup anda, karena memang seperti itulah begitu berharganya setiap hari dalam hidup anda.

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

 

Advertisements

2 thoughts on “3 Cara Bangkit Dari Keterpurukan Hidup Dari Sheryl Sandberg

  1. It’s appropriate time to make a few plans for the long run and it is time to be happy.
    I have learn this submit and if I may just I want
    to suggest you few fascinating things or advice.
    Maybe you could write subsequent articles referring
    to this article. I desire to learn even more things about it!

    Like

    • Thanks Jack for your appreciation and your suggestion. Perhaps, i would like to write subsequent articles about it. I am also still learning about it. Looking forward to hear it from you soon.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s