Tips Perjalanan Karir Dari Usia 20 Sampai 60 Tahun Dari Jack Ma

The Career CHapter

Kebanyakan dari kita akan memilih jalan aman setelah lulus kuliah dan pada usia 20-30 tahun dengan berupaya semaksimal mendapatkan pekerjaan pada perusahaan besar. Berbeda dengan pendapat kebanyakan orang, Jack Ma pendiri dari Alibaba.com malah merekomendasikan para karyawan muda usia untuk mencari seorang panutan untuk diikuti.

Jack Ma malah merekomendasikan karyawan yang berada di kisaran usia antara 20 sampai dengan 30 tahun untuk bekerja pada perusahaan kecil. Karena pada perusahaan kecil, seseorang akan mempelajari untuk melakukan berbagai macam hal pada yang sama. Berbeda dengan bekerja di perusahaan besar, yang memang baik untuk mempelajari proses, karena seorang karyawan yang berada didalam perusahaan besar bagaikan sebuah komponen kecil didalam sebuah mesin yang besar.

Jadi, menurut Jack Ma pada saat usia anda belum mencapai 30 tahun, bukanlah pada perusahaan mana yang anda pilih untuk bekerja, tetapi kepada pemimpin manakah yang akan kamu ikuti. Karena pemimpin yang baik akan mengajarkan banyak hal yang berbeda.

Yang menarik adalah Jack Ma juga menyebutkan bahwa setelah itu, yakni pada umur 30 sampai 40 tahun, pikirkan dengan matang bila anda ingin bekerja untuk diri anda sendiri dan menjadi entrepreneur. Rasa-rasanya inilah ada momen yang paling menentukan, make or breaknya seseorang dalam menentukan bukan cuma arah karirnya, tetapi juga arah hidup. Karena begitu kita sudah memutuskan untuk menjadi entrepreneur, maka arah hidup kita juga akan berubah. Momen ini adalah momen yang personalitasnya sangat tinggi dan karenanya bisa berbeda satu dengan yang lain.

Pada usia 40 sampai dengan 50 Tahun, Jack Ma merekomendasikan kepada anda untuk konsisten melakukan hal-hal yang anda dapat lakukan dengan baik, yang membuat anda merasa paling hebat dan paling kompeten. Pada tahap ini, Jack Ma juga merekomendasikan untuk tidak berpindah zona, karena waktunya sudah sangat terlambat. Kesuksesan mungkin akan dapat dicapai, tetapi kemungkinan untuk gagalnya juga teramat besar.

Pada usia 50 sampai dengan 60 tahun, Jack Ma merekomendasikan agar kita bekerja untuk orang muda, karena orang muda memiliki energi yang lebih baik, passion dan semangat yang lebih kencang, mau mengambil risiko. Karyawan muda pada intinya bekerja lebih baik daripada anda. Jack Ma merekomendasikan agar memepercayai dan berinvestasi pada orang muda, dan pastikan agar mereka menjadi orang yang hebat. Sisanya, setelah umur 60 tahun, adalah bonus kesuksesan untuk anda. Nikmati kesuksesan anda.

Dari pembagian zona usia yang Jack Ma rekomendasikan tersebut sangat terlihat bahwa faktor paling krusial adalah di tahap 20 sampai dengan 30 dan 30 sampai dengan 40. Dalam pengalaman saya pribadi yang masih saya alami berada di tahap usia 30 tahun sampai dengan 40 tahun memang benar adalah masa-masa yang paling membingungkan, menegangkan, terutama bagi anda yang punya keinginan atau rencana pindah kurva dari seorang karyawan menjadi seorang pengusaha. Risikonya kadang terlalu besar. Karena itu, saran saya bagi anda yang masih berada di usia 20an tahun, jika memang anda punya rencana sebagai pengusaha, lebih baik memulainya dari awal.

 

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Advertisements

2 thoughts on “Tips Perjalanan Karir Dari Usia 20 Sampai 60 Tahun Dari Jack Ma

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s