Euro 2016 dan Kepentingan-Kepentingan Bisnis Didalamnya

Behind Euro 2016

Euro 2016 seperti layaknya pagelaran ajang olahraga multinasional lainnya memiliki banyak kepentingan dan momentum bisnis didalamnya. Kita tahu, bahwa sepakbola khususnya di Eropa telah menjadi industri yang besar nilai komersialnya. Ratusan juta mata terfokus pada ajang Euro 2016 yang menghadirkan pertandingan-pertandingan berkualitas dengan pesepakbola ternama yang sudah biasa kita lihat di layar kaca. Dan dimana ada ratusan juta manusia bisa dipastikan akan ada perputaran uang dalam jumlah yang masif.

UEFA

Bagi penyelenggaranya sendiri, UEFA. manfaat dari Euro 2016 adalah mengukuhkan hegemoni federasi sepakbola tertinggi di benua biru tersebut. Popularitas dari ajang Piala Eropa hanya bisa dikalahkan oleh Piala Dunia saja. Tapi tentu tetap saja. Euro 2016 ini akan tetap mendatangkan keuntungan bagi UEFA dalam jumlah yang tak sedikit.

Negara Penyelenggara

Bagi negara penyelenggara, ajang seperti Euro 2016 akan mendatangkan banyak potensi perputaran uang dari turis-turis mancanegara yang datang untuk mendukung kesebelasan dari negaranya masing-masing. Karenanya tak heran bila negara yang sedang dirundung permasalahan ekonomi pun akan mati-matian untuk bisa menyelenggarakan ajang olahraga besar dengan sukses. Brasil yang dirundung protes besar-besaran oleh warganya yang lebih menginginkan agar negaranya fokus mengatasi kemiskinan daripada menyelenggarakan Piala Dunia 2014 kemarin adalah contoh nyata. Walaupun memang tidak semua negara merasakan dampak pertumbuhan ekonomi dari kegiatan seperti Euro dan World Cup. Portugal dan Brasil adalah dua negara yang tidak mampu memanfaatkan ajang olahraga multinasional untuk pertumbuhan ekonomi di negaranya.

Sponsor

Yang terlihat paling jelas kepentingan komersial dari Euro 2016 adalah  para sponsor, perusahaan-perusahaan yang mendukung terselenggaranya ajang besar seperti Euro 2016 ini. Ajang sekaliber Euro 2016 berarti kesempatan untuk mempromosikan produknya secara masif. Mulai dari apparel olahraga yang memiliki keterkaitan langsung sampai kepada perusahaan manufaktur yang tidak berkaitan dengan olahraga pun akan memanfaatkan ajang olahraga seperti Euro 2016 untuk melakukan promosi.

Baca : Euro 2016 : Behind The Curtain

Bursa Taruhan

Ajang Euro 2016, layaknya ajang olahraga lain, juga tidak akan luput dari bursa taruhan. Bahnkan tidak jarang, sejumlah event olahraga besar tidak luput diwarnai oleh pengaturan skor yang dilakukan oleh bursa taruhan ataupun mereka-mereka yang terlibat dengan taruhan. Hal ini memang sudah menajdi penyakit yang tak terelakkan setiap kali ada penyelenggaraan ajang olahraga seperti Euro 2016. Jika anda masih ingat, dalam ajang Piala Dunia 1994, Andres Escobar, pemain Kolombia dibunuh oleh mafia yang kalah taruhan.

Pemain dan Pelatih dan Kesebelasan

Tidak hanya UEFA, negara, ataupun perusahaan-perusahaan besar yang punya kepentingan komersial dari Euro 2016. Para pemain sepakbola dan pelatih juga menjadikan ajang Euro 2016 ini menjadi etalase promosi untuk diri pribadi. Bagi para pemain yang ingin mendapatkan kesebelasan yang baru, atau pemain lama yang ingin mendapatkan tambahan gaji, ajang Euro 2016 adalah kesempatan yang baik. Tampil baik apalagi sampai menjadi top score, bisa jadi akan meningkatkan nilai jual. Dan itu artinya uang yang lebih banyak.

Disisi lain, kesebelasan sepakbola pun punya kepentingan yang sama. Pada ajang seperti Euro 2016, sudah pasti kesebelasan-kesebelasan berlomba-lomba menempatkan para scoutingnya untuk mencari pemain-pemain yang dibutuhkan atau diincar. Tak jarang deal dan negosiasi sering terjadi di tengah ajang-ajang seperti Euro 2016.

 

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s