Carilah Pekerjaan Yang Memenuhi 3 Kriteria Ini

3 Criteria

Pekerjaan tidak bisa tidak akan menjadi bagian dalam kehidupan kita sehari-hari. Dari jam 8 hingga jam 5, kebanyakan dari kita berada di kantor untuk melakukan pekerjaan sehari-hari. Dari pekerjaanlah kita mendapatkan uang gaji untuk menghidupi kebutuhan kita dan keluarga. Namun, tentu tak selalu pekerjaan memberikan kita kebahagiaan, sehingga seringkali banyak dari kita tidak menyukai dan menikmati pekerjaan kita. Merasa tertekan, stress dan terkadang depresi. Banyak dari kita kemudian mencoba mencari pekerjaan baru.

Lalu sebenarnya kita bertanya, apa yang kita cari dari sebuah pekerjaan? Apakah hanya selalu bicara tentang gaji dan imbalan berupa aspek finansial? Dosen saya di Magister Manajemen PPM Manajemen, Pak Noveri Maulana dalam sebuah sesi mata kuliah pengembangan diri dengan sangat baik mengungkapkan ada 3 kriteria yang sebaiknya harus dimiliki dalam sebuah pekerjaan. Apa saja?

Financialy Secure

Tak bisa dipungkiri, alasan kita bekerja pada paling dasar adalah faktor finansial berupa uang dalam bentuk gaji ataupun tunjangan. Bukan pada kata seberapa besar dan kecilnya nominal dari gaji tersebut, tapi pada kata secure. Lagi-lagi, tingkat secure sebuah penghasilan masing-masing orang berbeda-beda. Tapi jika pekerjaan anda saat ini saja tidak bisa memenuhi faktor financially secure ini, ada baiknya bagi anda untuk menyegerakan mengupdate cv anda.

Socially Meaningful

Selain alasan keuangan, ada juga banyak orang yang menginginkan agar pekerjaan mereka dapat memberikan manfaat kepada orang banyak atau bekerja pada perusahaan yang memperhatikan hal-hal semacam ini. Ini bagian dari aktualisasi diri. Banyak juga pekerja yang berhenti dari tempatnya bekerja meskipun sudah memiliki gaji yang besar secara nominal namun tidak memberikan kepuasan pada dirinya dalam memberikan makna.

Intelectualy Improving

Yang dibutuhkan dalam sebuah pekerjaan, juga apakah pekerjaan itu membuat diri kita berkembang secara kompetensi, ataupun karakter. Ini merupakan bagian dari kebutuhan manusia untuk mengembangkan dirinya. Cari tahu apakah pekerjaan anda saat ini membuat anda merasa jenuh ataupun stagnan terhadap pengembangan diri anda. Jika jawaban dari pertanyaan tersebut iya, mulai-mulai cari iklan lowongan kerja di tempat lain.

 

Tentu, tidak akan pernah ada kata ideal dalam sebuah pekerjaan. Pindah ke tempat kerja baru juga tidak selalu menjadi jawaban dari permasalahan yang sedang anda hadapi. Terkadang sesederhana meminta kenaikan gaji, ataupun menambah jumlah pelatihan, bahkan cuti untuk merefresh makna anda bekerja bisa menjadi solusi yang baik. Tapi yang paling penting, cobalah resapi 3 kriteria tersebut diatas. Sudah anda menemukannya?

 

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s