Cara Tepat Garuda Indonesia Melindungi Pramugarinya dan Mengedukasi Konsumennya Tentang Pelecehan Seksual

Garuda Indonesia

Beberapa waktu lalu sempat beredar dan heboh di sosial media mengenai pelecehan seksual yang dilakukan oleh penumpang terhadap pramugari Garuda Indonesia. Peristiwa itu terjadi pada penerbangan GA 216 Jakarta – Yogyakarta. Apa yang dilakukan oleh Garuda Indonesia kemudian adalah langkah yang dinilai tepat.

Yang namanya konsumen atau pelanggan adalah sebagai raja adalah salah satu mantra paling kemasyhur dalam jagat industri pelayanan apapun bentuknya. Tapi disatu sisi hal ini bukan berarti sebagai konsumen bisa bertindak seenaknya saja, termasuk (maaf) melakukan pelecehan seksual termasuk secara verbal. Garuda Indonesia sebagai perusahaan penerbangan yang memiliki reputasi tidak hanya ditingkat nasional tetapi juga internasional tentunya sangat memahami hal ini, dan karenanya melakukan apa yang dalam pandangan profesional saya, sangatlah tepat.

Garuda Indonesia, tetap menghargai para konsumennya dengan cara memberikan pengertian dan pemahaman kepada para konsumennya untuk tetap menjaga etika. Akan tetapi Garuda Indonesia juga dengan sangat tegas melindungi pramugarinya dari perbuatan tidak menyenangkan seperti pelecehan seksual. Artinya Garuda Indonesia tidak mengorbankan para karyawannya hanya demi kepuasan para oknum konsumen yang bejat dan melakukan pelecehan seksual.

Hal ini memberikan pelajaran kepada kita, bahwa yang namanya pelecehan seksual amat sangat mungkin terjadi pada industri jasa. Tidak hanya terbatas pada industri penerbangan saja, tetapi juga pada industri perbankan dan juga industri lainnya. Padahal sebagaimana kita ketahui bahwa seragam pramugari Garuda Indonesia terbilang sopan, tidak terbuka, dan tidak ketat. Namun yang namanya pelecehan seksual dari orang-orang yang iseng mungkin saja masih akan terjadi.

Apa yang dilakukan oleh Garuda Indonesia jelas memberikan rasa aman dan nyaman kepada para karyawannya termasuk para pramugari dalam bekerja dan melayani konsumen. Coba anda bayangkan apa yang akan terjadi bila seandainya Garuda Indonesia diam saja dan tidak menindak tegas oknum yang melakukan pelecehan terhadap para karyawannya. Yang akan terjadi adalah demotivasi dan merasa bahwa Garuda Indonesia tidak melakukan perlindungan. Karenanya Garuda Indonesia sekali lagi dalam pandangan saya telah melakukan hal yang sangat tepat dan sangat baik dalam memberikan perlindungan kepada karyawannya.

Selain itu, sebagai konsumen sekalipun kita sudah membayar atas produk dan jasa yang diberikan kepada kita, hendaknya kita tidak bersikap jumawa dan bersikap seenaknya saja. Menjaga diri dengan batasan-batasan dan mengikuti ketentuan-ketentuan yang sudah disepakati dalam perjanjian antara pemberi jasa dengan konsumen. Karena bagaimanapun sama seperti anda, para pramugari juga adalah manusia yang punya perasaan juga.

 

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s