Akankah Uberpool Diminati Oleh Masyarakat?

Uberpool

Mei 2016 yang lalu, perusahaan aplikasi transportasi Uber meluncurkan layanan Uberpool, sebuah layanan yang memungkinkan para pengguna Uber berbagi kendaraan dengan pengguna Uber yang lain. Perusahaan tersebut mengklaim bahwa layanan Uberpool tersebut bisa memberikan efisiensi kepada pengguna uber 25% lebih murah daripada pengguna Uber X. Apakah Uberpool ini akan diminati oleh masyarakat?

Harga Yang Lebih Murah VS Kecepatan

Harga yang lebih murah sepintas terlihat memberikan keuntungan yang lebih murah kepada para konsumen Uber. Saya pun sendiri mengalami hal ini. Dalam perjalanan dari rumah ke kantor dalam tarif atau fare normal dengan menggunakan Uber X, fare yang dikenakan kepada saya adalah berkisar 75.000 rupiah hingga 90.000 rupiah. Dengan menggunakan Uberpool, saya hanya dikenakan biaya separuhnya saja. Jadi Uberpool memang memberikan keuntungan finansial kepada para penggunanya. Namun dengan berbagi kendaraan dengan pengguna Uber yang lain, kecepatan anda sampai kepada tujuan akan bergantung kepada rute yang diambil oleh pengguna Uber yang berbagi kendaraan dengan anda. Kecepatan anda sampai kepada tujuan yang anda tuju akan semakin lambat jika anda adalah pengguna Uber ke dua dan ketiga, karena Uber mendahulukan pengguna pertama dalam Uberpool.

Jika anda kebetulan memesan Uberpool dan beruntung tidak ada pengguna Uber lainnya yang ingin berbagi kendaraan dengan anda, maka anda akan mendapatkan keuntungan finansial dan kecepatan anda sampai kepada tujuan secepat anda menggunakan Uber X. Sayangnya hal ini adalah hal yang paling tidak diinginkan oleh pengemudi Uber. Menerima hanya 1 konsumen Uberpool jelas lebih rugi dibanding menerima 1 konsumen Uber X.

Privasi

Hal lain yang mungkin menyebabkan Uberpool berkurang peminatnya adalah faktor prilaku konsumen Indonesia khususnya warga kota besar seperti Jakarta adalah faktor privasi. Kita tahu bahwa dibandingkan dengan transportasi umum seperti bus, dan angkot, Uber yang lebih mirip condong kepada taksi, alasan menggunakan Uber dan Taksi selain faktor kenyamanan, adalah faktor privasi.

Keamanan

Keamanan juga menjadi salah satu pertimbangan Uberpool akan kurang diminati. Bagaimana seandainya jika anda ketinggalan handphone atau barang pribadi lainnya di mobil Uber? Saya yakin dan sepenuhnya percaya bahwa pengemudi Uber pasti akan mengembalikan barang yang tertinggal, tetapi saya tidak sepenuhnya yakin bahwa pengguna Uber lainnya akan mengembalikan barang anda yang tertinggal.

Beberapa faktor-faktor tersebut memang menjadi faktor-faktor penghambat untuk diminatinya Uberpool, akan tetapi ternyata juga Uberpool sangat diminati pada saat jam pulang kerja di area-area perkantoran.

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Advertisements

2 thoughts on “Akankah Uberpool Diminati Oleh Masyarakat?

  1. Penilaian perspektif yang bijak, semoga tetap ada perubahan positif dan solusi menguntungkan apabila ada perubahan kebijakan dari perspektif tersebut.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s