Atribut-Atribut Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Pemilihan Outlet Dan Keputusan Pembelian

Outlet Attribute

Dalam melakukan keputusan pembelian, khususnya pada outlet, ada beberapa atribut yang dimaksimalkan oleh para perusahaan retail yang memang ditujukan secara khusus untuk membangun persepsi tertentu dibenak konsumen terhadap outlet dari perusahaan retail. Atribut-atribut tersebut terbagi menjadi beberapa dimensi dan komponen, yakni sebagai berikut :

Merchandise/ Barang Yang Dijual

Dimensi merchandise mencakup komponen kualitas barang yang dijual, seberapa banyak dan luas variasi barang yang dijual, dan harga dari barang yang dijual. Tentu saja jawabannya adalah tergantung dari karakteristik dari perusahaan retail dan konsumen yang ditarget oleh perusahaan retail. Tidak selalu outlet dengan variasi barang yang lebih banyak lebih diminati. Contohnya adalah misalnya orang-orang yang punya waktu sedikit dan hanya punya beberapa barang saja untuk dibeli, kemungkinan akan lebih memilih toko dengan ukuran yang lebih kecil.

Service

Kualitas pelayanan khususnya pelayanan yang diberikan oleh karyawan kepada konsumen menjadi salah satu atribut yang mempengaruhi pemilihan outlet dan keputusan pembelian. Tentu anda akan lebih memilih datang ke outlet yang karyawannya ramah kepada anda, daripada outlet yang tidak ramah kepada anda, bukan?

Clientele

Clientele adalah konsumen yang mengunjungi sebuah outlet, dan secara umum bisa menggambarkan sebuah kesan tertentu dari sebuah outlet. Outlet dengan konsumen yang tampil necis, mempersepsikan bahwa outlet tersebut ditujukan untuk konsumen menengah keatas atau high end.

Fasilitas Fisik

Dimensi fisik dari outlet merupakan dimensi yang paling mudah terlihat oleh konsumen. Karenanya banyak perusahaan retail yang benar-benar menaruh perhatian pada elemen-elemen fisik seperti layout dari outlet, atau kebersihan dari outlet untuk membangun persepsi tertentu seperti eksklusif, mewah, dan elegan ataupun kesan-kesan lain.

Store Ambient/ Nuansa Atau Kesan Yang Ingin Dibangun

Dimensi store ambient atau nuansa serta kesan yang ingin dibangun dalam benak konsumen terdiri dari beberapa elemen seperti faktor fasilitas fisik, dan juga simbol-simbol yang dipergunakan untuk membangun persepsi tertentu. Simbol-simbol tersebut bisa dalam bentuk penggunaan logo, pemilihan warna tertentu, bentuk atau bidang tertentu dan lain sebagainya.

Kenyamanan

Dimensi kenyamanan adalah dimensi yang juga mendapatkan perhatian penting dari perusahaan retailer. Dimensi kenyamanan terdiri dari elemen-elemen seperti kemudahan akses dari lokasi yang strategis dan juga elemen ketersediaan parkir.

Reputasi Perusahaan Retailer

Reputasi dari perusahaan retailer juga menjadi salah satu atribut yang bisa mempengaruhi keputusan pembelian dari konsumen.

 

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s