Cara Matahari Dept Store Memaksimalkan Atribut Outlet Untuk Mempengaruhi Prilaku Konsumen

Outlet Attribute

Banyak orang mengatakan bahwa mereka adalah pembelanja rasional dan bukan merupakan pembelanja impulsive yang melakukan pembelian secara emosional dan sangat mudah dipengaruhi. Sayangnya, banyak orang (termasuk juga saya) yang dengan mudahnya terpengaruh oleh tulisan-tulisan sale atau diskon, buy one get one dan godaan-godaan lain yang dengan cerdiknya dilakukan oleh para perusahaan retail, tak terkecuali Matahari Department Store. Bagaimana perusahaan retail tersebut memanfaatkan prilaku konsumen untuk meningkatkan jumlah transaksi pembelian yang dilakukan oleh para konsumen?

Matahari Department Store TBK adalah perusahaan ritel terkemuka di Indonesia yang menyediakan perlengkapan fashion, aksesori, kecantikan, hingga peralatan rumah tangga dengan harga yang terjangkau. Matahari menghadirkan produk-produk stylish berkualitas tinggi serta pengalaman berbelanja yang istimewa, bekerja sama dengan pemasok lokal dan internasional yang terpercaya untuk menawarkan beragam produk terkini dari merek eksklusif dan merek internasional. Per 31 Desember 2015, Matahari telah memiliki jaringan sebanyak 142 gerai dan beroperasi di 66 kota.

Atribut-Atribut Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Pemilihan Outlet Dan Keputusan Pembelian

Berdasarkan hasil pengamatan saya di dua outlet Matahari yakni Matahari Cilandak Town Square dan Matahari Pejaten Village, kualitas produk yang dijual dari Matahari secara umum dianggap cukup baik dengan variasi pilihan yang banyak dengan harga yang relatif terjangkau. Dari sisi kualitas pelayanan, dapat dibilang cukup baik dengan kualitas sales personell yang cukup baik, dan bila barang ingin ditukar, Matahari Department Store memiliki kebijakan dimana pembeli boleh menukarkan barangnya dalam jangka waktu 1 x 24 jam. Matahari Department Store juga memiliki kebijakan angsuran dan kredit untuk beberapa produk.

Dari sisi fasilitas fisik, Matahari Department Store biasanya terdiri dari beberapa lantai yang memisahkan antara produk wanita, pria dewasa dan anak-anak. Layout store dari Matahari Department Store secara umum bersih namun cukup padat, dan dapat mengurangi kenyamanan orang dalam berbelanja.

Dari sisi lokasi, Matahari Department Store biasanya berada di lokasi strategis, berada pada pusat perbelanjaan yang ramai seperti salah satunya di Cilandak Town Square dan Pejaten Village. Namun sayangnya, karena berada dilokasi yang ramai, kesulitan pengunjung dalam mendapatkan parkir disebuah mall juga akan mempengaruhi kenyamanan dari calon pembeli yang ingin berbelanja di Matahari Department Store.

Matahari merupakan salah satu perusahaan ritel terkemuka di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan raihan Corporate Image Award untuk kategori Department Store selama enam tahun berturut-turut. Sebagaimana dicantumkan dalam Laporan Tahunan PT. Matahari Department Store TBK tahun 2015, Matahari mengklaim menghadirkan produk-produk stylish berkualitas tinggi serta pengalaman berbelanja yang istimewa, bekerja sama dengan pemasok lokal dan internasional yang terpercaya untuk menawarkan beragam produk terkini dari merek eksklusif dan merek internasional.

Secara umum, dari atribut-atribut yang mempengaruhi konsumen dalam memilih outlet, baik Matahari Department Store cukup baik diterapkan untuk mempengaruhi konsumen dalam memilih outlet. Adapun beberapa kekurangan dari Matahari Department Store adalah kekurangan dari sisi parkir yang dapat mempengaruhi kenyamanan dari pengunjung. Dari sisi retailers image, Matahari Department Store sudah sangat kuat. Adapun rekomendasi yang dapat dilakukan untuk Matahari Department Store adalah meningkatkan kapasitas parkir, atau membangun gedung parkir yang tersambung langsung dengan outlet Matahari Departement Store seperti yang dilakukan pada Matahari Pejaten Village.

 

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s