Membangun Usaha Sambil Kerja Tetap. Kenapa Tidak?

Montana Barbershop

Saya cukup kaget awalnya mengetahui sahabat saya, Andri Firmansyah menjalankan usaha barbershop. Saya mengetahuinya dari postingan fotonya via instagram. Tadinya saya berpikir bahwa ia hanya ingin mencukur rambutnya, namun dari keterangan statusnya lah saya menduga, bahwa barbershop yang sedang ia kunjungi adalah miliknya. Ketika saya konfirmasi, ia malah memberondong saya dengan sejumlah pertanyaan terkait dengan strategi pemasaran dan sosial media. Saya pun menjawab pertanyaan tersebut dengan sepenuh hati.

Nama barbershopnya adalah Montana yang terinspirasi dari Tony Montana yang merupakan seorang karakter fiksi dari film Scarface yang diperankan oleh Al Pacino. Nama Montana kata sahabat saya itu, adalah untuk mendeskripsikan Italian style barbershop yang diusung oleh Montana Barbershop. Tidak hanya dari sisi namanya saja, dari pendekatan lokasi yang dipergunakan dan layout barbershopnya, dibangun dengan konsep Italian barbershop. Ia membeli sebagian kepemilikan saham dari sejumlah pemilik tersebut. Saat ini, Montana Barbershop berlokasi di Cipete dan Andara (dekat arah mau ke Taman Margasatwa Ragunan).

Awalnya saya cukup terkejut karena dalam pandangan saya, sahabat saya itu adalah seorang career man sejati. Keberaniannya untuk memulai membangun usaha patut dibanggakan dan menginspirasi. Tetapi barbershop? Andri Firmansyah adalah seorang praktisi legal sejati. Saya pernah bekerja dalam satu unit dengan dirinya sewaktu ia masih bekerja satu kantor dengan saya. Saat ini ia menjadi seorang praktisi legal di salah satu BUMN. Jadi ketika ia cerita kepada saya bahwa saat ini ia sedang membangun usaha barbershop, saya agak sedikit heran.

Saya tidak tahu apakah sahabat saya itu memiliki pengetahuan di bidang barbershop atau tidak, tapi dari sejumlah diskusi saya dengan dirinya, saya cukup yakin bahwa Montana Barbershop akan berkembang dengan baik di tangannya. Ia adalah seorang profesional. Strategi pemasaran yang ia diskusikan kepada saya sudah cukup matang, begitu juga dengan target-target yang ingin ia capai, menurut saya cukup realistis dan sangat bisa untuk di capai.

Apa yang dilakukan oleh Andri Firmansyah sebenarnya banyak dilakukan oleh para pekerja saat ini. Alex Chriss, Vice President dan General Manager pada Intuit dalam tulisannya yang berjudul The Future of Work Doesn’t Look Like You Think It Does menuturkan pola kerja tradisional, yakni mengejar “karir” pada sebuah pekerjaan tetap akan semakin menghilang. Wajah para pekerja tradisional pengejar karir akan tergantikan oleh 5 wajah utama yang akan menjadi wajah dari dunia kerja.

Andri Firmansyah merupakan kombinasi dari the business builders, mereka yang selalu termotivasi –sesuai dengan namanya- untuk menciptakan usaha mereka sendiri dan menjadi bos dari diri mereka sendiri dan the side giggers ini adalah mereka yang mencari kesempatan untuk menambah pendapatan selain dari pendapatan tetap dari gaji yang diberikan oleh perusahaan tempat mereka bekerja.

Membangun usaha sembari menjalankan pekerjaan tetap tentunya butuh pengorbanan yang tidak sedikit, yakni uang, tenaga, dan waktu. Namun dengan melakukan dua hal pada waktu yang sama tentunya akan meningkatkan kemampuan manajemen. Sayangnya masih ada perdebatan terutama dari sisi etika dan profesionalitas dimana kita seharusnya sepenuhnya fokus kepada perusahaan yang memberikan gaji. Namun ada juga pendapat, selama tidak memiliki benturan kepentingan dan dilakukan dengan tidak mengorbankan pekerjaan tetap, membangun usaha adalah hak siapapun yang ingin melakukannya. Bagaimana dengan anda?

 

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Sumber Foto

Leave a Reply

