Pokemon Go dan Peluang Bisnis Yang Bisa Dikembangkan

Pokemon Go 2Mewabahnya Pokemon Go membuat saham Nintendo meningkat tajam pada hari senin lalu. Game pertama di dunia yang berbasis augmented reality menjadi penanda jelas bahwa inovasi dalam dunia bisnis akan memberikan keunggulan kompetitif bagi setiap innovator. Pokemon Go tidak hanya ramai didownload, tetapi juga ramai diperbincangkan oleh para gamers, blogger, bahkan media mainstream di dunia.

Apa Yang Membuatnya Begitu Menarik dan Istimewa?

Pertama tentu saja adalah karena ini merupakan game berbasis augmented reality pertama di dunia. Augmented reality menandakan bahwa game ini tidak hanya berbasis online realtime tetapi juga active real life, dimana gamers yang memainkannya memang harus bergerak dan bermain didunia nyata. Pokemon Go besar kemungkinan akan membentuk sebuah komunitas gamers (seperti kecenderungan game online saat ini) dan karenanya memiliki banyak potensi bisnis yang dapat dilirik dan dikembangkan oleh baik Nintendo maupun korporasi besar dunia lainnya.

Product Placement

Game Pokemon Go memiliki mode gps dengan menggunakan teknologi Google Maps dan mode camera saat menemui Pokemon. Hal ini dapat dimanfaatkan oleh korporasi-korporasi besar dengan melakukan product placement seperti misalnya bekerjasama dengan menempatkan Pokemon pada produk-produk yang akan ditawarkan dengan menggunakan barcode misalnya.

Outlet Endorsement

Mode Gym sebagai tempat bertarung para gamers (trainer) bisa menjadi kesempatan yang baik buat pelaku usaha restoran, kafe dan berbagai tempat untuk hangout. Beredar rumor, sudah ada beberapa perusahaan restoran dan kafe dunia yang menawarkan kerjasama semodel ini, dimana mereka menawarkan outlet-outlet mereka untuk menjadi gym tempat bertarung para gamers.

E-Commerce Coin

Untuk mendapatkan Pokeballs (alat untuk menangkap Pokemon), gamers bisa mendapatkannya di Pokestops atau membelinya dengan menggunakan coin. Tak menutup kemungkinan coin ini akan diperjualbelikan via e-commerce. Tak sedikit jumlah gamers yang tidak mau harus bersusah payah mengembangkan dari awal, sehingga menginginkan kemudahan-kemudahan tertentu. Hal ini bisa saja menjadi potensi bisnis.

Support Dari Industri Finansial

Karena adanya e-commerce yang membutuhkan transaksi, tak menutup kemungkinan juga peran industri finansial seperti perbankan akan turut memberikan warna pada Pokemon Go. Transfer uang, atau bahkan membeli coin dan berbagai atribut-atribut Pokemon yang akan dikembangkan nantinya.

Jual Beli Pokemon

Bahkan, tak menutup kemungkinan adanya jual beli Pokemon seperti apa yang pernah terjadi pada game Ragnarok yang pernah heboh di Indonesia beberapa tahun yang lalu. Hal ini hampir sama seperti coin, gamers yang tak mau repot mungkin akan membeli Pokemon yang sudah tinggi levelnya, dan akan ada gamers yang bosan dan mau mencari uang.

 

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s