4 Manfaat Mengupdate CV Anda Secara Berkala

4 Manfaat Update CV

Terlalu lama bekerja dan nyaman berada disebuah tempat, terkadang membuat kita terlena. Memang ada sebagian orang yang terus mengasah kemampuan dirinya, dan mengupdate keberhasilannya ataupun kompetensinya. Salah satu media jejaring sosial yang bisa mengakomodir hal tersebut (baca : narsis soal prestasi) adalah LinkedIn. Tidak hanya soal narsis update status professional, LinkedIn juga memungkinkan kita untuk mengembangkan jaringan professional kita.

Dulu saat anda melamar kerja di tempat anda bekerja saat ini, anda akan membuat Curriculum Vitae sebagus mungkin dan selengkap mungkin. Setelah lama bekerja dan rasanya tidak berpikir untuk pindah perusahaan tempat bekerja, Curriculum Vitae anda teronggok begitu saja, ada di folder komputer, ah entah apa nama file dan foldernya. Padahal seiring lamanya anda bekerja, kemampuan anda tentu idealnya bertambah, pengalaman anda juga bertambah dan networking anda semakin luas. Tapi itu tadi anda jadi tidak mau/lupa/enggan mengupdate CV dan juga portofolio anda.

Mengupdate CV dan portofolio tidak hanya bermanfaat saat ingin melamar pekerjaan (ataupun saat anda terpikir untuk pindah bekerja), tetapi juga ada manfaat yang bisa kita dapatkan.

Mengetahui value anda dan kontribusi anda terhadap perusahaan tempat anda bekerja

Dari rangkaian keberhasilan anda yang anda tuliskan di CV anda (dan bagus juga anda update di LinkedIn anda) anda bisa mengukur apa saja yang telah anda kerjakan dan prestasi apa saja yang telah anda capai. Dari sini anda bisa mengukur kontribusi anda terhadap perusahaan anda dan seberapa pantas “nilai” anda sepatutnya untuk dihargai oleh perusahaan tempat anda bekerja.

Memonitor Perkembangan Karir dan Keahlian Anda

Mengupdate CV anda berarti akan membuat anda mereview kembali posisi anda saat ini dan memperbandingkannya dengan apa yang anda harapkan. Anda bisa mengevaluasi kembali strategi anda dalam berkarir. Selain itu dengan mengupdate CV anda juga dapat membuat anda mereview prestasi ataupun keahlian yang anda miliki.

Mengetahui hak anda

Mengupdate CV juga dapat membuat anda ingat akan hak-hak anda setelah menunaikan kewajiban anda tentunya. Sebagai seorang profesional anda tentunya memiliki hak termasuk diantaranya kesempatan untuk senantiasa mengembangkan diri. Hak itu diwujudkan dalam bentuk pelatihan, kursus ataupun seminar yang anda ikuti. Jika anda baru satu kali mendapatkan pelatihan dalam satu tahun padahal hak anda untuk mengikuti 3 kali pelatihan misalnya, anda akan tahu kalau hak anda belumlah dipenuhi.

Mengetahui Status Pribadi anda

Mungkin ini terdengarnya konyol. Tapi ada sahabat saya yang saking tidak pernahnya dia untuk mengupdate CVnya, langsung mengirimkan CV lamanya ke Perusahaan tempat ia ingin pindah bekerja. Di CV tersebut tertera bahwa ia masih single! Padahal sudah menikah dan sudah punya anak. Itulah akibat tidak sering mengupdate CV anda.

Mengupdate CV tidaklah mutlak milik karyawan saja. Apakah anda seorang freelance, konsultan, karyawan, pengusaha, direktur, jangan lupa senantiasa memperbaharui CV dan portofolio anda.

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s