Statistik Annual Report Awards 2004-2015

ara-5-tahun-1

Gelaran Annual Report Awards 2015 merupakan kali ke 14 penghargaan tersebut dilakukan. Sejumlah nama baru muncul menjadi para pemenang Annual Report Award 2015. Semakin tahun jumlah peserta semakin meningkat menandakan kepedulian manajemen berbagai perusahaan dari berbagai industri terhadap keterbukaan informasi semakin meningkat.

ara-5-tahun-2

ARA terus berkembang dengan melakukan sejumlah penambahan dan perubahan kategori. Berikut adalah statistik Annual Report Award yang sayangnya baru bisa dimulai dari tahun 2004, karena saya kesulitan menemukan data juara ARA 2002 dan ARA 2003.

ara-5-tahun-3

Berikut adalah statistik Annual Report Award yang sayangnya baru bisa dimulai dari tahun 2004, karena saya kesulitan menemukan data juara ARA 2002 dan ARA 2003.

ara-terlama-berturut

Kembalinya Asuransi Jasa Indonesia mempertahankan juara ARA pada kategorinya untuk kali keempat secara berturut-turut membuat Asuransi Jasa Indonesia mensejajarkan diri dengan CIMB Niaga (sebelumnya Bank Niaga) dari ARA 2004 – ARA 2007, Bank Syariah Mandiri (ARA 2009-2012), Indonesia Power (ARA 2010-2013) dan Bank DKI (ARA 2011-2014). Jika tahun depan Asuransi jasa Indonesia kembali menjadi juara, maka Asuransi Jasa Indonesia bisa mencetak rekor sebagai perusahaan pertama yang menjadi juara 1 lima tahun berturut-turut. Bisakah Asuransi Jasa Indonesia menghapus mitos maksimal periode juara adalah 4 tahun berturut-turut?

Dibawahnya ada Pupuk Kaltim, Bank Jateng dan Garuda Indonesia yang pernah menjadi juara 1 ARA pada kategorinya masing-masing selama 3 tahun berturut-turut. Pada gelaran ARA 2015 dengan banyak terdepaknya juara 1, praktis hanya Bank Sumsel Babel dan Asuransi Jasa Indonesia yang mampu mempertahankan pencapaiannya. Bank Sumsel Babel tahun depan punya peluang untuk mencetak rekor 3 tahun berturut-turut menjadi juara 1 ARA.

ara-terbanyak-juara-1

Pencapaian Asuransi Jasa Indonesia di ARA 2015, juga membuat perusahaan asuransi tersebut mampu mencatatkan rekor lainnya, yakni menyamai rekor CIMB Niaga sebagai perusahaan terbanyak yang menjadi juara 1 ARA dengan jumlah gelar juara 1 sebanyak 6 kali. Sementara itu Bank Syariah Mandiri yang kembali menjadi juara 1 ARA 2015 membuat dirinya mampu menyamai prestasi holdingnya yakni Bank Mandiri dengan jumlah gelar juara 1 sebanyak 5 kali. Dibawahnya ada 4 perusahaan yang sudah memiliki 4 gelar Juara 1 ARA. Ke lima perusahaan tersebut adalah Pupuk Kaltim, Indonesia Power, Bank DKI dan Aneka Tambang. Sebenarnya ada satu perusahaan lagi yang pernah mendapatkan 4 gelar juara 1 yakni Jamsostek. Namun dengan adanya perubahan status Jamsostek dari Perseroan Terbatas menjadi BPJS menyebabkan Jamsostek tidak lagi bisa berpartisipasi dalam ajang ARA.

ara-3-besar

Terlemparnya Bank Mandiri dari 3 besar ARA tahun ini memang menyesakkan. Pasalnya, Bank Mandiri sebelumnya mencatatkan rekor 11 tahun berturut-turut menjadi perusahaan yang selalu berada dalam 3 besar ARA. Meski demikian, posisi Bank Mandiri belum tergeser oleh siapapun. Asuransi jasa Indonesia dan Bank Negara Indonesia mampu menyamakan diri dengan CIMB Niaga dengan total 9 kali berada di dalam 3 besar ARA. Menyusul dibawahnya ada Aneka Tambang dengan 8 kali berada di 3 besar ARA, meskipun di ARA 2015 ini, Aneka Tambang berada di luar 3 besar. Hal serupa terjadi pada Perkebunan Nusantara XIII, Telkom Indonesia dan Bank Rakyat Indonesia yang sudah 7 kali mencicipi posisi 3 besar meskipun tahun ini nama ketiga perusahaan tersebut tidak muncul dalam 3 besar ARA tahun ini. Adira Dinamika dan Bank Syariah Mandiri yang tahun ini kembali masuk kedalam 3 besar menyamai catatan rekor ke 3 perusahaan tersebut.

 

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s