Blunder Komunikasi Pernyataan Resmi Sari Roti Tentang Pembagian Roti Gratis Pada #AksiSuperDamai212

sari-roti-gratis

Secara tiba-tiba Sari Roti mengeluarkan pernyataan resmi mengenai pembagian roti gratis pada #AksiSuperDamai #212 yang berlangsung pada hari Jumat, 2 Desember 2016 kemarin. Dalam pernyataannya, Sari Roti dengan tegas menyatakan bahwa Sari Roti sama sekali tidak terlibat dalam peristiwa pembagian produk roti secara gratis. Bukannya mendapatkan tanggapan positif, malah menjadi cibiran netizen di jagat dunia maya. Ada apa Sari Roti?

Saya tidak tahu secara pasti mengenai dampak dari beredarnya foto mengenai pembagian roti gratis yang dilakukan oleh penjual roti keliling baik di sosial media ataupun media mainstream. Apakah terjadi penurunan angka penjualan secara signifikan karena beredarnya foto tersebut? Ataukah ada tekanan dari pihak lain sebagaimana yang dituding oleh netizen? Pertanyaan itu hanya manajemen Sari Roti yang bisa menjawabnya.

Saya juga tidak tahu dengan pasti apakah penjual roti keliling itu karyawan atau mitra dari Sari Roti. Seharusnya ini juga menjadi pembelajaran bagi Sari Roti, jika memang dengan sangat terpaksa tidak ingin disangkut pautkan, harus membuat kebijakan dan mensosialisasikan mengenai hal tersebut kepada para karyawan dan mitranya.

Namun sepengetahuan saya, berdasarkan pemantauan di sosial media, banyak yang mengapresiasi peristiwa pembagian roti gratis. Bukan produk rotinya, tapi amal pembagian roti gratisnya. Dan eksposure mengenai pemberian roti gratis itu memang mau tidak mau harus menyertakan logo dari Sari Roti, karena memang yang dibagikan adalah produk Sari Roti. Apakah itu yang menjadi keberatan dari manajemen Sari Roti? Tapi bukankah eksposure yang besar tersebut juga berdampak meningkatkan image dari produk Sari Roti? Lagi-lagi hanya Manajemen Sari Roti yang bisa menjawabnya.

Yang barangkali menjadi blunder dari pernyataan Sari Roti adalah terletak pada pernyataan “PT Nippon Indosari Corpindo Tbk tidak terlibat dalam semua kegiatan politik”. Ternyata pernyataan ini dipersepsikan oleh Netizen bahwa manajemen Sari Roti menuduh bahwa kegiatan #aksisuperdamai #212 adalah kegiatan politik. Ini pernyataan yang sangat terburu-buru dan gegabah. Walaupun saya yakin, komunikasi dari Sari Roti pasti sudah memikirkan dengan masak-masak sebelum menerbitkan pernyataan resmi tersebut.

Kalaupun dengan sangat-sangat terpaksa, seharusnya Nippon Indosari sebagai manajemen Sari Roti tidak “bermain api” di isu yang saat ini sedang sangat sensitif. Risiko reputasi terlalu besar. Sari Roti adalah salah satu pemain utama di industri roti. Blunder komunikasi seperti yang dilakukan oleh Sari Roti malah berpotensi merusak reputasi dari Sari Roti.

Yang cukup mengherankan adalah, pada saat #AksiSuperDamai #212 tersebut bukan cuma produk Sari Roti yang dibagikan. Ada juga produk minuman air mineral, dan minuman dalam kemasan. Sepengetahuan saya tidak ada satupun perusahaan itu mengeluarkan pernyataan resmi atau berkomentar apapun mengenai #AksiSuperDamai #212.

Apa yang harus dilakukan oleh Sari Roti kemudian? Menurut saya akan sangat bijak bila Sari Roti meminta maaf kepada masyarakat, dan menghapus pernyataan resmi tersebut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s