5 Manfaat Ekonomi Dari Reklamasi

5 Manfaat Ekonomi Dari Reklamasi

Tidak bisa dipungkiri,  potensi ekonomi dari adanya reklamasi merupakan sasaran utama yang ingin dicapai. Bertambahnya pulau baru merupakan potensi ekonomi yang besar untuk kegiatan bisnis, dan bisa mendorong pertumbuhan ekonomi disuatu wilayah. Apa saja manfaat ekonomi dari kegiatan reklamasi?

Meningkatkan Jumlah Turis Lokal dan Mancanegara Melalui Sektor Pariwisata

Pulau baru, utamanya yang akan diisi oleh industri hotel dan tempat rekreasi akan mendatangkan jumlah turis baik turis lokal domestik ataupun turis dari sektor pariwisata. Berdatangannya turis ini tentu saja akan datang bersamaan dengan uang yang mereka bawa untuk dibelanjakan di tempat rekreasi.

Meningkatkan Sektor Perdagangan Lainnya

Kehadiran turis –dan yang terpenting- uang mereka, akan menggerakkan sektor lainnya, seperti souvenir, pakaian, makanan, tour and travel, transportasi dan lain sebagainya. Sektor-sektor tersebut juga akan memiliki efek domino lainnya, yakni bertumbuhnya sektor komunikasi. Industri souvenir, pakaian dan makanan tentu membutuhkan jasa komunikasi untuk mempromosikan produk dan layanan mereka untuk menarik perhatian turis.

Menggerakkan Sektor Keuangan

Semua industri yang berkembang di wilayah baru tersebut, juga membutuhkan dukungan dari sektor keuangan seperti asuransi gedung, asuransi kebakaran, bahkan asuransi jiwa. Industri-industri tersebut juga membutuhkan dukungan sektor keuangan untuk pembiayaan dan pendanaan melalui perbankan ataupun multifinance. Bahkan turis pun butuh ATM, butuh money changer, dan lain sebagainya.

Membuka Lapangan Pekerjaan

Dampak positif lainnya adalah kepastian dari industri-industri yang ada di wilayah reklamasi tersebut terhadap sumber daya manusia. Artinya sumber daya manusia ini mendorong peningkatan lapangan pekerjaan yang baru. Industri konstruksi membutuhkan buruh lapangan untuk membangun, industri makanan, transportasi, sektor keuangan dan berbagai industri lainnya pun demikian.

Meningkatkan Pendapatan Pajak

Kesemua kegiatan ekonomi yang ada diwilayah ekonomi pada akhirnya juga akan menjadi potensi penerimaan pendapatan sebuah wilayah melalui setoran pajak. Pajak reklame, pajak restoran, pajak penghasilan, pajak pertambahan nilai. Sebut saja, semuanya bisa jadi akan meningkatkan jumlah pendapatan negara melalui pajak.

Pada akhirnya, reklamasi memang bertujuan positif untuk mendorong pertumbuhan ekonomi suatu wilayah, dan juga meningkatkan kesejahteraan penduduk yang berada didalamnya. Asalkan potensi ini tetap dijaga dengan baik, dan dalam pelaksanaannya harus dilaksanakan sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku demi menjaga hak dan kewajiban semua pihak.

 

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Advertisements

One thought on “5 Manfaat Ekonomi Dari Reklamasi

  1. Pingback: Memandang Reklamasi Dari Berbagai Perspektif – Perspektif

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s